Sunday, June 19, 2011

Penggunaan Spektrofotometer UV-VIS


Spektrofotometer banyak sekali dipergunakan dalam praktikum di laboratorium-laboratorium. Pengukuran absorbansi atau transmitansi dalam spektroskopi UV-VIS digunakan untuk analisis kualitatif dan kuantitatif spesies kimia. Spektrofotometer terbagi dalam 4 bagian penting, yaitu:
1)      Sumber cahaya. Sebagai sumber cahaya dapat dipakai lampu wolfram yang menghasilkan sinar dengan λ di atas 375 nm atau lampu detrium (D2) yang memiliki λ dibawah 375 nm. Dengan memilih salah satu dari keduanya kita dapat melakukan penetapan pada daerah ultra violet atau daerah sinar tampak. Sinar yang dipancarkan dipusatkan pada sebuah cermin datar yang kemudian dipantulkan melalui monokromator.
2)      Monokromator. Membuat cahaya dari polikromatis menjadi monokromatis (tunggal). Semakin tunggal semakin baik.
3)      Kuvet yang harus digunakan harus mempunyai syarat-syarat sebagai berikut:
a.       tidak berwarna sehingga dapat mentransmisikan semua cahaya.
b.      permukaanya secara optis harus benar-benar sejajar
c.       harus tahan (tidak bereaksi dengan bahan-bahan kimia
d.      tidak boleh rapuh.
e.       mempunyai bentuk yang sederhana
4)      Detektor, Alat yang mendeteksi cahaya yang berasal dari monokromator. Sehingga dapat terlihat jenis ataupun konsentrasi dari zat yang dianalisis.
3.1.2.Pembuatan Minyak Kelapa Tanpa Pemanasan.
Penyusun utama santan kelapa, terdiri dari minyak, protein, karbohidrat dan air. Selama ini metode pembuatan minyak dari santan kelapa dngan menggunakan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan bertujuan untuk merusak protein dan karbohidrat yang mengelilingi molekul-molekul minyak, sehingga minyak dapat terpisah dari protein dan karbohidrat. Metode ini memiliki kekurangan, karena dengan cara pemanasan dapat merusak minyak lebih cepat, sehingga timbul radikal bebas pada minyak yang dapat menyebabkan kangker. Pembuatan minyak dengan menggunakan metode pengemasan telah diuji coba hasilnya dan dapat mengurangi kandungan radikal bebas pada minyak.

No comments:

Post a Comment